Interview With SYS (Mangaka Sang Sayur)

Indonesia Revive! -- Seperti sudah dikabarkan beberapa tempo lalu bahwa Shirley Yoanita Sys adalah satu dari beberapa mangaka yang berkibar di mancanegara, lewat manga bertajuk "Sang Sayur". Kini redaksi Indonesia Revive! berkesempatan untuk mewawancarai Kak Shirley yang lebih suka dipanggil Sys karena karya-karyanya memang memakai nama itu.

1. Kakak lahir di mana? dan warga negara mana?
Saya lahir di Jakarta dan warga negara Indonesia.

2. Ngomik sejak kapan?

Saya mulai ngomik sejak tahun 2006 dan "Sang Sayur" adalah seri komik pertama yang saya pernah buat di dalam majalah kumpulan komik lokal indie bernama SPLASH. Jadi boleh dibilang tahun 2006 itu saat lahirnya "Sang Sayur".

3. Influence terbesar dari mana?

Berhubung semua karakter komik saya sekarang kebetulan bukan manusia, jadi belum ada sumber influence yang terlintas di pikiran. Tapi kalau iya..... Banyak teman-teman yang pernah komentar kalau style character design saya terlihat senafas dengan Nodame Cantabile, Emma, dan Last Exile.

4. Komik yang sudah terbit? dan belum?
Beberapa judul komik kolaborasi yang pernah terbit adalah 101 Peraturan Konyol Dunia dan 101 Surviving Super Singles yang diterbitkan Cendana Art Media. Dan Sejejak Mimpi (cerita pendek Romantika Odong-Odong) yang diterbitkan Koloni m&c! Gramedia. Semua buku itu dapat ditemukan di toko buku. Selain itu saya sempat menjalankan proyek komik strip 4 panel (4 koma manga) untuk Jakarta Communication Club.

Kini "Sang Sayur" tengah terbit secara berangsur di majalah komik CHERRY, majalah kumpulan shoujo manga (komik perempuan) yang diterbitkan oleh m&c! Gramedia. Boleh dibilang ini adalah debut pertama "Sang Sayur" dengan penerbit mainstream.

5. Sekarang tinggal di mana Kak?
Sekarang saya tinggal di Jakarta, meski dulu sempat tinggal di Amerika beberapa tahun untuk studi SMA dan kuliah.

6. Apakah Kakak jebolan sekolah manga sama seperti Dr. Vee?
Iya. Kebetulan saya juga kenal Dr. Vee dari Machiko Manga School. Ibu Machiko juga yang memperkenalkan saya ke dunia profesional komik dan teknik membuat komik.

7. Komik ke depan yang bakal terbit?
 "Sang Sayur" akan terus muncul di CHERRY dan sesudah kemunculan cukup episode di sana, saya harap para pembaca akan menantikan terbitnya komik tunggal (tankoubon) "Sang Sayur" oleh Koloni m&c! Gramedia.

Bagi para pembaca yang kebetulan tidak mengikuti Cherry, semua episode Sang Sayur dapat dinikmati di Facebook-nya dan ngomik[dot]com.

8. Ceritain dong lebih banyak soal manga "Sang Sayur"?"
Sang Sayur" bercerita tentang kehidupan sehari-hari si Bawang Putih bersama teman-teman dan keluarganya yang penuh warna. Anggota keluarga si Bawang Putih adalah Bapak Terong, Ibu Ketumbar, dan Kakak Tomat. Pembaca juga sering bertanya kenapa anggota keluarga si Bawang Putih terdiri dari jenis sayur-mayur dan buah-buahan yang beragam. Jawabannya mudah, supaya lebih bervariasi. Teman-teman si Bawang Putih terdiri dari si Stroberi yang imut, si Buah Ara yang serba tahu, si Pitaya (alias Buah Naga) yang ganteng dan dengan berjalannya seri maka teman Bawang Putih akan bertambah.

"Sang Sayur" berhasil terpilih menjadi salah satu finalis di ajang kontes komik mancanegara yang diadakan oleh Kementrian Luar Negeri Jepang, International Manga Award 2007.

Karya-karya lain yang berhasil menembus tahap final antar lain adalah "East Coast Rising" oleh Becky Cloonan (Amerika Serikat), "Gothic Sports" oleh Anike Hage (Jerman) dan "GOONG" oleh Park So Hee (Korea).


9. Menurut Kakak, bagaimana kondisi Indonesia saat ini? Apakah Indonesia bisa menjadi negara maju?
Sebagai penduduk sipil, beberapa tahun terakhir ini saya sudah terlihat kemajuan di beberapa sektor. Meski tidak akan terjadi secara instan, tapi saya yakin Indonesia akan siap menyongsong masa depan yang lebih cerah sebagai negara yang harum namanya dan dikenal sebagai negara yang beradab di mata internasional.

0 komentar:

Post a Comment