Kagum terhadap Indonesia, Wartawan Saudi Terbitkan Buku tentang Indonesia

Indonesia Revive! -- Karena kekagumannya terhadap keindahan alam dan nilai-nilai luhur budaya bangsa Indonesia, Bakheet Thole’ Al-Zahrani, seorang wartawan senior harian berbahasa Arab Al-Madinah, telah menulis dan menerbitkan sebuah buku berjudul ???????????: ????????? ???????? (Indonesia: Kesaksian sang Pelancong) di penghujung tahun 2011.

Buku yang ditulis dalam bahasa Arab tersebut berisi catatan perjalanan dan kesan-kesan penulis saat mengikuti familiarization trip (fam trip) ke beberapa tempat di Indonesia dengan beberapa wartawan lainnya, yang diselenggarakan oleh KJRI Jeddah bekerja sama dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI- sekarang Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif- dan Garuda Indonesia beberapa waktu lalu.

Di dalam buku setebal 128 halaman full colour tersebut, penulis menceritakan kekagumannya terhadap keindahan dan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia serta karakter masyarakatnya yang digambarkan ramah, lembut, bersahabat dan suka menolong.

Bakheet juga menyoroti profesionalisme, keramahan dan sikap hangat tuan rumah –para pelaku usaha pariwisata di Indonesia- dalam hal menjamu dan melayani para tamunya. Tidak lupa ia melengkapi bukunya dengan foto-foto pendukung yang menarik dan beragam informasi tentang Indonesia yang bermanfaat dan perlu diketahui oleh khalayak pembaca.

Meskipun tidak menggambarkan pariwisata Indonesia secara detail dan komprehensif, buku karya Bakheet ini telah memberikan gambaran positif yang signifikan tentang Indonesia, terutama mengenai nilai-nilai budaya luhur bangsa Indonesia serta daya tarik dan perkembangan industri pariwisata di Indonesia secara umum.

Lebih dari itu, catatan perjalanan penulis di dalam buku tersebut merupakan informasi dari tangan pertama (first-hand information) yang dapat dijadikan referensi bagi calon wisatawan dari kawasan Timur Tengah, khususnya Arab Saudi dan negara-negara Teluk lainnya, yang akan berkunjung ke Indonesia untuk tujuan wisata.

Untuk itu, usai menerima buku yang diserahkan oleh Bakheet pada pertemuan di kantor KJRI Jeddah pada Rabu (4/1/2011), Konsul Jenderal RI Jeddah Zakaria Anshar menyampaikan langsung apresiasinya kepada wartawan Arab Saudi ini atas inisiatif dan upayanya untuk menerbitkan buku tentang Indonesia.

Kepada Konsul Jenderal, Bakheet berjanji akan kembali melakukan kunjungan ke beberapa tempat lainnya di Indonesia dalam waktu dekat dan selanjutnya akan menuangkan hasil kunjungan tersebut dalam sebuah buku lanjutan.—PFP II

Reference: Indonesia Berprestasi

0 komentar:

Post a Comment