Opal dari Kabupaten Lebak, Permata Terbaik Kelas Dunia

Merawikan pelbagai sumber, redaksi Indonesia Revive! berhasil merangkum satu lagi kelebihan tanah air kita: Indonesia, dibanding negara-negara lain. Apakah itu?

Batu permata itu disebut dengan batu permata kalimaya, atau dikenal dengan opal dari Kabupaten Lebak. Keistimewaan batu permata ini adalah seluruh dunia mengenalnya sebagai pertama terbaik kelas dunia, dibandingkan dengan milik Australia atau Amerika Latin. Kelebihan opal Kabupaten Lebak ada pada warna yang tak bisa lenyap, selalu saja bisa memesona dengan aneka warna, seperti hitam, cokelat, kuning ungu, biru, dan pelangi.

Nong, seorang kolektor opal asal Rangkasbitung, mengatakan bahwa kalimaya memiliki pelbagai warna, di antaranya Putih, Kristal Hijau, Kristal Pelangi, Kristal Hijau, Teh dan Kopi, Pelangi, Kristal Susu, dan lain-lain.

Semua jenis warna kalimaya memiliki daya tarik tersendiri juga pancaran warna pelangi dapat berubah-ubah. Itulah kelebihan permata asal Lebak,” tukasnya.

Batu kalimaya.

Harga satu buah batu Kalimaya? Bisa sampai puluhan juta. “Kami pernah menjual batu kalimaya yang sudah berkembang warnanya dijual Rp40 juta,” kata Lili, pedagang batu kalimaya di Rangkasbitung.

Soalnya untuk mendapatkan batu ini tak mudah. Dibutuhkan penggalian berkilo-kilo meter jauh ke dasar bumi. Caranya pun masih tradisional, menggali sampai dalam. Jika terdapat batu kalimaya di bawah tanah maka terlihat pancaran sinar,” pungkas Nong.

Inilah tanah surga. Tongkat kayu dan batu jadi tanaman. Kata Koes Ploes. [Lilih Prilian Ari Pranowo]

Lilih Prilian Ari Pranowo | Owner Catatan Lilih & Admin IndonesiaRevive!

0 komentar:

Post a Comment