Shirley Yoanita Susilo; Mangaka Indonesia yang Berkibar di Kancah Internasional

Siapa bilang manga identik hanya Jepang? Buktinya, Shirley Yoanita Susilo – orang Indonesia niy – berhasil masuk dalam jajaran mangaka kelas dunia.

Adalah “Sang Sayurmanga karya Shirley Yoanita Susilo tersebut yang berhasil tembus dalam 19 besar karya terbaik pada ajang The International Manga Award 2007 yang diikuti oleh 146 karya manga dari 26 negara. Sang Sayur menceritakan tentang kehidupan sehari-hari aneka buah dan sayuran dengan problematika laiknya manusia. Karakter yang diusung: bawang putih, tomat, strawberi, rumput laut, buah naga, dan petai. Dan cerita ini dimuat bersambung dalam majalah Splash (majalah khusus manga seperti Shonen Jump).

“Ciri khas dan karakternya lokal Indonesia, sudah saatnya memberikan identitas pada komik Indonesia yang beraliran manga,” pungkas Shirley.


Shirley Yoanita Susilo, mangaka yang berkiprah di kancah international.

Jelas… ini bukan pencapaian (prestasi) yang mudah diraih. Dan seharusnya menjadi kebanggaan kita bahwa ada anak Indonesia yang tembus prestasinya sampai keluar negeri. Bukti lagi, bahwa Indonesia bukan bangsa tempe. [Lilih Prilian Ari Pranowo]

Lilih Prilian Ari Pranowo | Owner Catatan Lilih & Admin IndonesiaRevive!

2 komentar:

S Y S said...

halo Indonesia Revive!

saya baru menemukan artikel ini hari ini. terima kasih banyak anda telah meliput saya.

jika anda ingin kontak saya, silakan add saya di facebook dengan email sysshirley at yahoo dot com ^___^

salam sukses untuk anda selalu <3

Lilih said...

baik Ka...

Post a Comment