Arief Budiman: Pemimpin Proyek Earthscraper BNKR Arquitectura yang Monumenta...


arief budiman di indonesiaproud wordpress com Indonesia Revive! -- Nama Arief Budiman bagi masyarakat Indonesia mungkin masih awam. Namun, di bidang arsitektur, anak bangsa ini sudah berkarier hingga kancah internasional. Dia memulai kariernya di Singapura, lalu melanglang buana ke berbagai negara.
Dia adalah arsitek muda jebolan Fakultas Arsitektur Universitas Trisakti (Usakti) Jakarta. Kiprahnya di Indonesia memang belum bergaung, tapi di luar negeri, khususnya di Meksiko, namanya sudah menggema.
Nama Arief mulai bergaung setelah dia bergabung dengan BNKR Arquitectura, sebuah biro arsitek di Meksiko. Dia terlibat dalam proses desain gedung pencakar bumi alias earthscraper, untuk sebuah kompetisi terbuka skyscraper. Sebuah kompetisi ide dalam mendesain skyscraper.
BNKR memilih bangunan tingkat bukan ke atas, melainkan ke bawah, yakni ke kedalaman 300 meter di perut bumi di tengah kota Meksiko. Proyek ini tengah menjadi sorotan dunia dan Arief dipilih sebagai pemimpin proyek tersebut. Jika teralisasi maka proyek ini akan menjadi tonggak sejarah dunia arsitektur.
earthscraper meksiko di indonesiaproud wordpress com

Karier Arsitek
Sejak lulus dari jurusan Arsitektur Usakti tahun 2006, ia memulai karier di sebuah konsultan arsitektur di Jakarta untuk beberapa bulan dan akhirnya ada peluang untuk memulai karier di Singapura.
Ia berkesempatan untuk terus menimba ilmu dengan bekerja di beberapa biro atau perusahaan lainnya di Singapura, Meksiko dan Ivory Coast. Namun sementara ini, ia bekerja dan menetap di Singapura. Semua itu merupakan pengalaman yang sangat berharga baginya dan ia berharap suatu ia bisa terapkan bila memulai karier di Indonesia.
Dalam mengerjakan berbagai proyek, umumnya lebih banyak di luar negeri, ia tidak mengklaim kalau semua itu adalah hasil karyanya semata. Baginya, semua berkat kerja sama tim yang baik. Ia adalah bagian dari sebuah tim yang mengerjakan proyek-proyek tersebut.
Targetnya dalam mencari kerja bukanlah untuk bisa bekerja dengan perusahaan arsitektur ternama dunia, tapi ia mencari kantor yang bisa memberikan ilmu yang memang ia perlukan untuk menjadi seorang desainer yang baik. Ia bersyukur sejauh ini diberi kesempatan untuk bekerja di kantor yang memang ia inginkan.
Di saat memutuskan pergi ke Meksiko, ia memang ingin memperdalam pemahaman filosofi dalam berarsitektur dan tahu bahwa BNKR adalah biro terbaik yang bisa memberinya kesempatan untuk mempelajari hal itu. Lalu di saat ia memutuskan untuk bekerja di Ivory Coast, ia tahu kalau dirinya butuh mempelajari desain yang memang nantinya bisa saya terapkan di Indonesia.
Kebetulan ia mendapat kesempatan bekerja di  biro dengan pimpinannya adalah ketua ikatan arsitek se-Ivory Coast. Intinya, ia ingin mencoba melengkapi kekurangan-kekurangan dirinya dengan cara mencari kesempatan bekerja di biro-biro arsitek yang bisa melengkapi puzzle gambaran ideal atas seorang arsitek.
Arief berharap proyek yang sedang ia kerjakan saat ini nantinya juga akan menjadi contoh yang baik dalam menggabungkan sistem konvensional dengan sistem yang modern.
Earthscraper Mexico di indonesiaproud wordpress com
sumber

0 komentar:

Post a Comment