Pelajar Indonesia Raih 3 Emas di The 8th International Zhautykov Olympiad (I...


izo di indonesiaproud wordpress com
Indonesia Revive! -- Dari sembilan  siswa Indonesia yang dikirim ke ajang  The 8th International Zhautykov Olympiad (IZhO) yang diselenggarakan pada 15-21 Januari di Almaty, Kazakhstan, tujuh  di antaranya berhasil meraih 3 medali emas, 3 medali perak, dan 1 medali perunggu. 

Kesembilan siswa tersebut terdiri dari 6 pria dan 3 wanita, yang dipimpin Anton Wardaja dan Zainul Abidin.

Olimpiade di bidang matematika, fisika, dan komputer tersebut diikuti 343 peserta dari 54 tim yang berasal dari 18 negara, yakni Kazakhstan, Rusia, Ukraina, Belarusia, Moldova, Azerbaijan, Armenia, Georgia, Kyrgyzstan, Tadzhikistan, Turkmenistan, Rumania, Bulgaria, Indonesia, India, Mongolia dan Afghanistan.

Ketiga medali emas tersebut dipersembahakan oleh Erwin Handoko Tanin (SMA Sutomo 1 Medan), Albert Datui (SMK Penabur Gading Serpong, Banten), dan Limiardi Eka Sancerio (SMAK Penabur Gading Sepong, Banten).

Adapun medali perak diraih Christa Lorenzia Soesanto (SMA St Laurensia, Banten), Fransisca Susan (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta, dan Peter Tirtowijoyo Young (SMAK St Louis 1, Surabaya).

Sedangkang medali perunggu dipersembahkan Indhika Fauzhan Warsito (SMAN Unggulan MH Thamrin Jakarta).

Hasil ini menunjukkan suatu peningkatan yang pesat dibandingkan dengan hasil yang diperoleh di IZHO 2011, yang saat itu hanya meraih 1 perak dan 4 perunggu.

izo 2012 di indonesiaproud wordpress com
Pada bidang fisika total ada 10 emas, 16 perak, dan 26 perunggu yang diperebutkan oleh 109 peserta. Adapun pada bidang matematika total ada 12 emas, 28 perak, dan 37 perunggu yang diperebutkan oeh 159 peserta.

Dua orang siswa matematika Indonesia hanya terpaut 2 poin dari batas medali emas sehingga akhirnya hanya memperoleh medali perak.

Persaingan memperebutkan medali berlangsung sangat ketat. Hanya sekitar 50% dari jumlah peserta yang berhasil meraih medali.

Sumber: IndonesiaProud

2 komentar:

Kuliner Enak said...

bangga diriku jadi warga indonesia :D

deindra said...

memang banyak sebenernya anak2 muda indonesia yg berprestasi di tingkat dunia dan ini harus mendapat perhatian serius dr pemerintah untuk meningkatkan dan mendayagunakan prestasi mereka untuk kemajuan bangsa...salam.

Post a Comment