Aksara Jawa Bakal Jadi Font Windows Dua Tahun Lagi

hanacaraka yang akan masuk Windows terbaru
Indonesia Revive! -- Rakyat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa, patut berbangga. Demi melindungi aksara Jawa dari kepunahan Unesco memutuskan upaya penyelamatan aksara Jawa dengan memasukkannya ke dalam "font" dalam program Windows terbaru besutan Microsoft.

Hal ini diungkapkan oleh Ki Demang Sokowetan -- pemerhati aksara dan bahasa Jawa -- di sela-sela Kongres Bahasa Jawa (KBJ) V di Surabaya (27-30/11) yang diikuti 600-an peserta.

“Sekarang, kami tinggal menunggu realisasinya dan Microsoft sudah berjanji akan memasukkan dalam windows versi terbaru. Kalau sekarang windows7, ya mungkin nanti windows8 atau versi terbaru sudah ada,” katanya, “Saya belum tahu kapan dimulainya, karena hal itu tergantung Microsoft, tapi informasinya sekitar dua tahun lagi. Kalau Microsoft sudah, tentu Apple akan mengikuti."

Berita ini sungguh menggembirakan, karena bukan tidak mungkin dengan dimasukkannya "font" Jawa ke dalam program Windows akan lebih memudahkan translate. Baik dari bahasa Jawa ke bahasa lainnya maupun sebaliknya dari bahasa lain ke bahasa Jawa.

Sehingga teks-teks berbahasa Jawa yang kini berdebu di dalam perpustakaan bisa dialihbahasakan menjadi bahasa Indonesia, atau bahkan bahasa Inggris. Bukankah ini kemajuan berarti? [LPAP/pelbagai sumber]

0 komentar:

Post a Comment