Indonesia Juara di Turnamen Catur Junior Chelyabinsk, Rusia

Pecatur junior Indonesia menorehkan prestasi yang mengagumkan dengan meraih juara di 2nd Chelyabinsk Region Governor’s Chess Cup Youth Team Tournament Cup of Russia di Satka, Chelyabinsk-Rusia yang berlangsung pada 16-22 Agustus 2011 dan diikuti 190 peserta dari lima negara, yaitu Rusia, Kazakhstan, Krygystan, Belarus, dan Indonesia.

Sebanyak delapan pecatur junior Indonesia yang berusia di bawah 16 tahun dikirim oleh PB Percasi untuk mengikuti catur tersebut. Mereka yang ikut bertanding adalah dua atlet Pelatnas SEA Games 2011, yakni MIW Chelsie Monica Sihite (16 tahun), dan MFW Medina Warda Aulia (15 tahun) dan ditambah enam juara junior Indonesia, yaitu Sean Winshand Cuhendi (14 tahun), Azarya Jodi Setyaki (13 tahun), Vania Vindy Chandra (11 tahun), Nyimas Sonya Nafa (12 tahun), Dita Karenza (11 tahun), dan Ivan Maximillia Pasaribu (10 tahun).
Chelsie Monica Sihite bersama juara catur lainnya.

Dalam kejuaraan tersebut, MIW Chelsie Monica Sihite berhasil menjuarai kelompok putrid dengan raihan 5,5 angka. Sementara, pecatur putri Indonesia lainnya, MFW Medina Warda Aulia harus puas menduduki peringkat ketiga dengan raihan hasil 5 setelah bermain remis dengan Maria Nevioselaya dari Belarus yang menempati peringkat kedua.

Pecatur Belarus ini juga membukukan 5,5 angka sama dengan Chelsie, tetapi kalah dalam nilai tie-break yang menggunakan sistem Solkoff di mana Chelsie membubukan Solkoff 43, sedang Nevioselaya 39,5.

Pecatur junior Indonesia lainnya juga mencetak prestasi adalah Ivan Maximillia Pasaribu yang turun di turnamen kelompok B. Ivan keluar sebagai juara di kelompok umur 12 tahun dengan membukukan 6,5 angka.

Secara beregu tim Indonesia 1 yang terdiri dari Chelsie Monica Sihite (5,5 poin), Medina Warda Aulia (5 poin), Sean Winshand Cuhendi (6 poin), dan Azarya Jodi Setyaki (4,5 poin) berada di peringkat keenam dengan total 21 anak. Juaranya direbut tim Chelyabinsk dengan 24 angka.

Di kelompok putra, Sean Winshand berada di peringkat tujuh dengan 6 angka. Poin yang dikumpulkan Sean sebetulnya sama dengan peringkat empat tetapi nilai tie-break menempatkannya di posisi ketujuh. Juara kelompok putra adalah Albert Baigidin dari Rusia dengan 7 angka.

Selain atlet junior tersebut, juga ikut mendampingi dua atlet catur Pelatnas SA Games MFW Dewi AA Citra dan GM Susanto Megaranto yang tengah berlatih bersama pelatih asing GM Rusian Scherbakov yang berasa dari Chelyabinsk.

Susanto akan mengikuti Piala Dunia Catur yang akan berlangsung di Khanty-Mansiysk, Rusia, mulai 26 Agustus 2011. Tiket ke Piala Dunia Catur ini diperoleh Susanto setelah menjuarai babak kualifikasi Piala Dunia Zona 3.3 Asia di Tagaytay, Filipina, pada mei 2011.

Keikutsertaan tim Indonesia dalam kejuaraan catur di Rusia ini untuk mempersiapkan diri dalam kejuaraan catur di pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara (SEA Games) 2011 yang akan berlangsung di Indonesia.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus Hamid Awaludin menyampaikan penghargaan yang tinggi atas prestasi dan semangat pecatur-pecatur mas depan Indonesia.

“Rusia merupakan salah satu negara terkenal dan maju dalam olahraga catur. Oleh karena itu, tepat sekali jika Indonesia mengirimkan pecatur-[ecatur muda atau juniornya untuk menimba ilmu catur di Rusia baik berlatih atau mengikuti kejuaraan-kejuaraan,” ujar Duta Besar Hamid Awaludin.

Dikronik dari IndonesiaProud

0 komentar:

Post a Comment