Mimpi Sang Alkemi

Mengubah kayu menjadi roti. Mengubah arang menjadi intan. Mengubah air menjadi hidrogen. Bisa jadi tak lagi menjadi hal mustahil dan sihir. Dunia sains, lebih tepatnya, dunia kimia manusia sedang berupaya menggapainya. Istilah bahasa Indonesianya teknologi penggapaian ini disebut nanoteknologi.

Nanoteknologi adalah sebuah perekayasaan material dalam ukuran nano. Nano yang dimaksud di sini berukuran dari satu hingga seratus nanometer. Materi—pada ukuran tersebut—memiliki fenomena dan sifat yang khas, yang berbeda dengan sifat dalam ukuran yang istilahnya material (balk). Intinya, nanoteknologi merupakan suatu pengkajian atau pengeksploitasian terhadap material dengan ukuran nano.

Teknologi ini penerapannya bisa dilakukan di pelbagai bidang. Peran teknologi nano dalam pengembangan IT sudah tak diragukan lagi. Bertambahnya kecepatan komputer, meningkatnya kapasitas hardisk dan memori, semakin kecil dan bertambahnya fungsi telepon genggam, merupakan contoh-contoh kongkret produk teknologi nano di bidang IT. Teknologi mini ini punya slogan: small, high efisient, green.

Di Indonesia perkembangan teknologi nano cukup menggembirakan. Setidak-tidaknya, menurut Nurul Taufiq Rochman, jika dihitung-hitung dengan jari Indonesia memiliki doktor nano sebanyak lebih dari seratus orang. Salah seorang yang patut dicatat dalam sejarah per-nano-an Indonesia ialah Yateman Ariyanto. Dosen sekalian ilmuwan kimia dari Fakultas MIPA Universitas Gajah Mada Yogyakarta ini mempunyai sebuah penelitian tentang nanoteknologi.

Perekayasaan Clay

Yateman mengarahkan penelitiannya ke perekayasaan clay. Alasannya metode nanoteknologi yang cocok diterapkan di Indonesia adalah metode assembling. Karena Indonesia memiliki kekayaan SDA mineral dan hayati dalam jumlah yang cukup besar. Senyawa-senyawa dari SDA mineral dan hayati (clay alam) ini sudah secara alamiah sudah dalam keadaan berpori.

Pori tersebut disebut lubang dan lubang-lubang ini bisa dimanfaatkan sebagai wadah untuk mencetak senyawa tertentu, yang dimasuki logam tertentu (logamnya disebut katalis). Perekayasaan dalam riset Yateman adalah bagaimana mengoptimasi pori di dalam clay agar bisa diperbesar. Pori di dalam clay alam ukurannya sebesar 30-60 square meter kuadrat per gram.

Clay alam itu memiliki sifat sweling. Jadi layernya bisa diubah-ubah, clay tersebut bisa diubah-ubah kemudian diberi pilar. Sehingga lubangnya membesar dan juga ada pilarnya. Dengan suatu proses, clay itu bisa dibesarkan, yang semula-mula hanya 30-70 bisa dibesarkan hingga 300. Bahkan terakhir sampai 600 skuare meter kuadrat per gram. Namanya Heksagonal Mesotols Clay (HMC), yang porositasnya 600-700 sebesar square meter kuadrat per gram, jadi naik 10-20% dari ukuran mula-mula. Gunanya?
Salah satu adalah untuk menyaring. Jadi akhirnya HMC bisa digunakan sebagai penyaring molekul-molekul besar terlarut. Jadi ini istilahnya dalam molukuler dalam ukuran besar. Nah, lantas kalau lubang di pori-pori tadi diisi titanium bisa digunakan untuk menghilangkan zat warna dengan bantuan sinar matahari. Sebagai fotokatalis.

Fenomena ini, fenomena hilangnya warna ini, itu sebetulnya merupakan dasar ide mengubah air menjadi gas hidrogen (H2). Sehingga mimpinya itu air menjadi H2 dan H2 menjadi sumber energi dengan memanfaatkan sinar matahari. Entah, kapan bisa terwujud, karena banyak kendala dalam perkembangan teknologi ini lebih lanjut di Indonesia.

Nanoteknologi bisa dibagi-bagi dalam empat generasi. Generasi pertama, menurut Nurul, pembuatan nanopartikel. Tak perlu teknologi tinggi untuk membuatnya. Misalkan, nanopartikel ditaburkan ke dalam kandungan kosmetik, macam bedak pelindung kulit dari sinar matahari (UV) atau minuman suplemen yang diberi partikel nano sehingga kandungannya lebih baik. Generasi kedua, meningkat pada teknologi assembling dari partikel nano. Misal, pembuatan layar monitor, menjadikannya lebih terang. Pembuatan chip komputer, atau memori handphone dengan ukuran ringan berkapasitas tinggi.

Generasi ketiga, meningkat lagi dan membutuhkan material nano dengan presisi yang sangat tinggi. Contohnya, membikin suatu sistem yang diinjeksikan ke tubuh manusia untuk membunuh sel kanker. Sementara generasi keempat masih berupa impian adalah rekayasa molekul (nanomolekuler), di mana mesin nano bakal mampu mengubah-ubah benda, termasuk membuat kayu menjadi roti atau arang menjadi intan. Bahkan, sudah ada khayalan mesin pembuat semua jenis barang. Termasuk "khayalan gila" menciptakan manusia sungguhan.

Yah, teknologi ini serupa legenda Alchemist yang mampu mengubah bentuk benda-benda tak berharga yang disentuh menjadi emas. Hanya saja masih berwujud impian. Aplikasi nanoteknologi tentu akan membikin revolusi baru dalam dunia industri. Karena itu, kita tunggu saja mimpi sang alkemi terwujud.

0 komentar:

Post a Comment