Ther Melian; Tetralogi Apik dengan Background Indonesia Karya Shirley M.S.

Indonesia Revive! -- Satu lagi anak bangsa Indonesia melahirkan karya yang cukup apik, yaitu novel fantasi Ther Melian. Menurut pengakuan penulisnya, Kakak Shirley M.S., novel fantasi ini adalah yang pertama karena terdiri dari empat jilid (tetralogi).

Basic cerita Ther Melian, berpusat pada sebuah benua bernama Ther Melian yang karakteristiknya mirip Indonesia; misalnya terletak di khatulistiwa, dengan hutan tropis lengkap beserta flora dan fauna khas negeri ini. Sementara kisahnya tentang ambisi kedua tokoh utamanya, keempat novel Ther Melian mengajak para pembaca menulusuri petualangan demi petualangan yang mendebarkan demi mewujudkan keinginan masing-masing.

Persahabatan, kesetiaan, pengorbanan, kebohongan, dan cinta, semuanya berpadu apik dengan keeksotisan alam khas Ther Melian beserta segala isinya. Inilah novel yang tidak hanya menawarkan fantasi ‘liar’ semata, tapi juga detail menggambarkan alam sekitarnya (dalam hal ini Indonesia).

Kisahnya dalam buku ini menarik sehingga bisa menjadi sebuah alternatif segar bagi para penggemar kisah fiksi fantasi yang biasa membaca novel terjemahan, apalagi diterbitkan dalam rentang waktu penerbitan yang terbilang singkat untuk sebuah tetralogi. Jilid pertama dari tetralogi Ther Melian adalah “Revelation” diterbitkan pada bulan April 2011, menyusul berikutnya “Chronicle” pada Juli 2011, “Discord” pada November 2011, dan Genesis” pada Februari 2012.

Penghargaan dan Apresiasi
Salah satu penghargaan yang diperoleh tetralogi fantasi terbitan Elex Media Computido ini adalah terpilih sebagai finalis Buku Fiksi Favorit Anugerah Pembaca Indonesia 2011 (API 2011). API merupakan perayaan akbar oleh, dari, dan untuk Pembaca Indonesia yang diadakan bersamaan dengan FESTIVAL PEMBACA INDONESIA. Festival ini diselenggarakan oleh Goodreads Indonesia -- komunitas pembaca aktif di dunia online maupun dunia nyata.

Selain itu, jilid pertama dari tetralogi Ther Melian “Revelation” juga terpilih sebagai salah satu dari lima
nominasi akhir bersama buku dari penulis-penulis besar lainnya, seperti: Ranah 3 Warna karya A. Fuadi dan Madre karya Dewi "Dee" Lestari.

Mau tahu lebih lanjut penulis serta buku ini? Nantikan wawancara tim redaksi Indonesia Revive! dengan penulisnya di artikel berikutnya. Don't miss it!

0 komentar:

Post a Comment