Sehat Sutardja, Orang Indonesia yang Jadi CEO Marvell

Indonesia Revive! -- Siapakah Sehat Sutardja? Beliau adalah salah satu pendiri Marvell Technology Group, sebuah perusahaan yang terdaftar dan go public di index bursa NASDAQ New York Stock Exchange berkode saham MRVL. Namanya pun tercantum dalam Forbes Magazine dengan kekayaan bersih US$ 1 billion dan masuk dalam kategori Exclusive Billioners Club untuk pertama kalinya di tahun 2007.

Sehat Sutardja lahir di Jakarta tahun 1961. Selain sebagai salah satu pendiri Marvell Technology Group (pendiri lainnya adalah Pantas Sutardja, sang kakak), beliau juga menjabat sebagai President, Chairman of the Board, dan Chief Executive Officer sejak berdirinya Marvell tahun 1995. Sebagai tambahan, Beliau pernah menjadi President, Chief Executive Officer dan Director of Marvell Semiconductor, Inc. sejak berdirinya Perusahaan tersebut.

Ia dilahirkan di Jakarta, Indonesia. Sehat Sutardja menamatkan pendidikan menengahnya di Kolese Kanisius. Kemudian melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat dan meraih sarjana sains di teknik elektrik dari Universitas Negeri Iowa. Ia juga menjalani pendidikan pascasarjana Master of Science (M.Sc) dan Ph.D. dalam bidang teknik elektrik dan ilmu komputer dari Universitas California, Berkeley.

Riwayat Hidup Singkat Sehat Sutardja:
Saat kelas 6, Sehat Sutardja (M.S '83, Ph.D. '88 EECS) bilang kepada orangtuanya bahwa ia ingin berkarir dibidang elektronik. Artinya karir yang ingin dijalaninnya adalah menjadi tukang reparasi TV dan radio, maklum saja saat itu tahun 70-an. Padahal orangtuanya menginginkan dia menjadi seorang dokter. Sehat selalu memimpikan hal-hal hebat yang mungkin muncul dari elektronika. 30 tahun kemudian, ia masih saja menggemari hal-hal yang berbau elektronika.

Bersama dua alumni Berkeley lainnya, ia mewujudkan mimpi dan hasratnya dengan mewujudkan sebuah perusahaan IT yang luar biasa sukses, yaitu Marvell Group.

Marvell bermarkas di Sunnyvale, U.S. Dia hanya membutuhkan waktu 10 tahun untuk membesarkan Marvell . Bermula dari 3 orang (dengan modal keluarga), kini Marvell memiliki 1.800 pegawai dan menjelma menjadi perusahaan berharga milyaran dolar Amerika.
Sebagai mahasiswa Berkeley, Sehat dan kakaknya Pantas Sutardja (B.S '83, M.S. '85, Ph.D. '88 EECS) sangat giat belajar. Sehat bekerja kepada Paul Gray, seorang mantan profesor EECS (sekarang menjabat sebagai Executive Vice Chancellor and Provost) yang juga seorang ahli analog integrated circuit design. "Dekatnya hubungan kepada profesor-profesor ternama mendorong kami untuk bekerja lebih keras. Kami harus memberikan hasil yang lebih baik dari teman-teman yang lain," demikian katanya.

Setelah wisuda, Sehat beserta istri dan kakaknya mulai terjun di dunia nyata. Sehat berkonsentrasi dalam analog signal processing. Tujuh tahun kemudian, dia dan kakaknya berfokus dalam dunia digital, meskipun dalam perusahaan yang berbeda. Setelah beberapa tahun, mereka menyadari bahwa analog dan digital tidak dapat dipisahkan begitu saja. "Anda perlu keduanya untuk menyelesaikan masalah komunikasi di masa mendatang," demikian katanya. Keduanya memutuskan untuk mengkombinasikan analog dan digital didalam satu perusahaan.

Tahun 1995, Sehat beserta istri dankakanya mendirikan Marvell. Tahun-tahun awal dilalui dengan sangat berat. Mereka bekerja tak kenal waktu siang dan malam demi kesempurnaan produknya. Mereka bahkan tidak menggaji diri mereka sendiri dan hidup dalam kesederhanaan. Jarang sekali mereka bertemu dengan keluarga. Bahkan saat produk pertama mereka muncul dipasaran, mereka masih harus berjuang keras meyakinkan pembeli untuk membeli produk mereka tersebut.

"Saat itu kami sangat-sangat kecil, terlalu beresiko," kenang Sehat. "Saat itu sangat berat untuk kami. Kami rasa saat itu kami beruntung mendapatkan pelanggan, namun kami berhasil menciptakan produk yang tak dapat dilakukan oleh pesaing kami. Setelah tiga atau empat tahun berjalan, kami mendapatkan satu pelanggan. Tahun berikutnya kami mendapatkan pelanggan lainnya.

Akhirnya mereka berhasil. Sekitar tahun 2003, Ernst & Young menganugerahi Sehat dan istrinya sebagai Entrepreneur of the Year atas kegigihan mereka dalam inovasi, kepemimpinan teknologi dan kesuksesan bisnis.

Berdasarkan kesuksesan dan pengalamannya, Sehat memberikan nasihat kepada para mahasiswanya, "Belajarlah sebanyak mungkin, tentang software, biologi, fisika lanjutan, semua hal. Mengetahui satu jenis pengetahuan saja tidaklah cukup. Banyak orang berhenti belajar ketika mereka ingin menjadi seorang pengusaha. Itu adalah kesalahan terbesar yang ada."

Company Snapshot
Marvell Technology Group Ltd. provides various semiconductors, such as analog, mixed-signal, and digital signal processing integrated circuits. In addition, the company also designs integrated circuits that perform the critical functions in converged network systems.

Further, it also introduced integrated circuits that perform the management of power within electronic devices. The company's products include witching, transceiver, wireless, personal computer connectivity, gateways, communications controller, and storage and power management solutions that serve various applications used in business enterprise, consumer electronics, and emerging markets.

Its products enable the customers to store and move digital data by using media infrastructures or wireless. These products are also used for transmitting and recovering digitally converted analog signals to and from various types of broadband communications media.

The company primarily operates in Bermuda, Israel, China, Japan, Korea, Malaysia, the Philippines, Singapore, Taiwan, and the United States. Marvell Technology Group was founded and incorporated in 1995. The company is headquartered in Sunnyvale, California. Number of Employees: 1,917.

Sumber: Sandiaga-Uno

0 komentar:

Post a Comment