Mesin Boiler Basuki, Tembus Pasar Internasional

Indonesia Revive! -- Ketika mendengar kata Basuki, hal pertama yang sangat mungkin terlintas dari pikiran anda adalah nama pelawak Srimulat yang sudah terkenal itu. Meski tak sering terdengar di telinga orang kebanyakan, Basuki yang satu ini adalah nama perusahaan pembuat mesin boiler, yaitu PT Basuki Pratama Engineering (BPE). Nama Basuki itu sendiri diambil dari nama keluarga dari pendiri dan sekaligus pemilik perusahaan, yaitu Johannes Sujanto Basuki.

Perusahaan ini didirikan pada 16 Juli 1981 oleh dua bersaudara, Johannes Sujanto Basuki dan Stefanus Widagdo Basuki, yang melihat peluang bisnis di industri perkayuan yang menjanjikan. Diawali dengan hanya beberapa pekerja di bengkel kerja (workshop) yang kecil, BPE mulai memproduksi sistem pengering kayu (kiln dryer system). Produknya mendapat sambutan yang baik dari pasar lokal, swasta maupun pemerintah. Saat ini, produknya sudah diekspor ke beberapa negara.

Dengan dukungan lebih dari 200 karyawan dan profesional, perusahaan yang memiliki pabrik seluas 14.000 m2 di kawasan Industri Pulogadung dan workshop pendukung di daerah Setu dengan luas yang sama ini, sekarang menjadi market leader untuk produk boiler dan thermal oil heater dengan bahan bakar padat di Tanah Air.

Selain boiler system, BPE yang dulunya menguasai pangsa pasar Kiln & Dryer System, juga menghasilkan sistem pengendalian polusi udara (air pollution control system), peralatan penukar kalor (heat exhanger equipments), dan bahkan pembangkit listrik tenaga uap untuk skala industri.

BPE bukanlah perusahaan besar pembuat mesin boiler kelas dunia, akan tetapi ada beberapa hal yang membuat kita bangga dan lain dari perusahaan yang bergerak di bidang bisnis yang sama di dalam negeri, antara lain karena perusahaan ini membawa nama (brand name) “BASUKI” yang sangat mengindonesia dan tidak malu untuk bersaing di pasar internasional.

Berbeda dengan perusahaan sejenis di Indonesia yang biasanya menjual mesin boiler dari negara lain (trader), produk steam boiler dan thermal oil heater dari Basuki 100% didesain dan diproduksi sendiri. Untuk memperluas pasar di dunia internasional, BPE berperan serta dalam berbagai pameran internasional.

Yang menjadikan BPE unik dibanding perusahaan lain sejenis adalah biasanya perusahaan lokal sejenis menjual produk dari negara lain atau membuat produk lisensi untuk dipasarkan di dalam negeri saja, tapi PT Basuki Pratama Engineering membuat produk yang 100% buatan dalam negeri baik untuk pasar domestik maupun international.

Untuk beberapa produk lainnya, PT Basuki Pratama Engineering juga menjalin kerja sama teknik dengan negara lain seperti Jerman, Inggris, dan Portugal.

Meskipun secara kuantitas penjualannya belum mencapai angka yang sangat fantastis, akan tetapi terbukti produknya mulai dikenal di Filipina, Guatemala (Amerika Tengah), Malaysia, Papua Nugini, Pakistan, Vietnam, Singapura, dan Tanzania. Bahkan beberapa produknya yang lain sudah diekspor ke Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Selandia Baru.

Perusahaan ini juga mulai memperluas jalinan kerja sama dengan Bangladesh dan Kolombia dengan penunjukan perusahaan lokal di sana untuk menjadi mitra dalam memasarkan produknya, selain kerja sama yang sudah ada sebelumnya dengan perusahaan-perusahaan di Filipina, Guatemala, Malaysia, dan Pakistan.

Reference: Indonesia Proud

0 komentar:

Post a Comment